Minggu, 20 Agustus 2017

Mini Legend 4WD By Twitchy Finger Ltd.

Mini Legend - Mini 4WD by Twitchy Finger Ltd.





Mini Legend adalah sebuah game strategi  simulasi balapan yang berdasarkan  mini 4WD. Game ini dikembangkan oleh Twitchy Finger. Mini legend pertama kali rilis di Hongkong pada Desember 2015, dan kemudian rilis untuk global pada bulan Mei tahun 2016. Game ini berbeda dengan game sejenis karena grafik yang di tampilkan sangat nyata, bukan hanya dari segi grafik tetapi cara bermainnya pun hampir sama dengan tamiya yang asli. Game ini memiliki fitur kustomisasi mobil yang ekstensif dan mendalam yang memungkinkan setiap pemain menyesuaikan dan memodifikasi mobil mereka dengan kepribadian dan gaya unik anda.

Mini Legend menyediakan mode bermain Single dan Multi Player, yang artinya anda dapat bermain untuk fokus membangun mobil anda dan berkompetisi Online dengan pengguna dari seluruh dunia. Untuk mejadi yang terbaik, anda tidak hanya membangun mobil yang cepat, tetapi anda harus menjaga kestabilan mobil anda. Jika mobil anda cepat tetapi spesifikiasi kestabilan anda tidak mendukung maka mobil akan terbang, dan sebaliknya jika mobil anda memiliki kestabilan yang berlebih dan tidak memiliki kecepatan yang mendukung maka mobil anda akan menjadi lebih lamban.

Hampir semua spare-part yang ada didalam game ini dapat anda modifikasi, mulai dari Motor (dinamo), Gears, Chasis (rangka), Wheels (velg), Tires (ban), Rollers, Body dan Stays (akar). Merubah modifikasi dapat mempengaruhi spesifikasi spare-part anda, dan menggati spare-part dapat mempengaruhi status mobil anda secara keseluruhan. Jadi setiap pemain dapat memiliki spesifikasi mobil yg berbeda dari mobil pemain lain. Anda juga diberikan fasilitas untuk merubah penampilan dan warna body anda sesuai dengan selera anda masing-masing.
Mini Legend memiliki 4 game modes yang berbeda, antara lain:

"Single Player Story Mode"
- Ikuti cerita pemeran utama yang sedang merintis untuk menjadi master pembalap mobil Mini 4WD.
- Lebih dari 90 levels yang berbeda untuk menguji skill anda.
-Kumpulkan spare-part & material untuk modifikasi mobil anda.

"One-on-One PVP Mode"
- Berkompetisi dengan lawan dari Mancanegara dan dapatkan hadiah Gems setiap minggunya.
- Bandikan mobil anda dengan pemain lainnya.
- Bergabung dengan Team untuk melawan Team Mancanegara  dan dapatkan hadiah Mini Conis dan Premium Draw.

"Special Event Races"
- Event perminggu dan perbulan dengan hadiah spare-part, material dan fragment yang unik.
- Event dengan waktu yang terbatas.

"Time Attack Multi-player"
- Uji kecepatan mobil anda, dan raih rangking teratas dari keseluruhan pemain di dunia.
- Tiga sirkuit yang berbeda setiap harinya.
- Hadiah Gold Coins dan Event Keys dari setiap kompetisinya.

Spare parts
1.  Motor (Dinamo)
Motor bisa dikatakan nyawa dari kecepatan yang dimiliki mobil mini 4wd. Dengan memasang motor yang lebih bagus dan baik adalah cara paling tepat untuk menambah kecepatan dari mobil.
Pemilihan motor biasanya dipengaruhi aspek RPM dan Torque. Semakin tinggi nilai RPM-nya semakin tinggi top speed-nya. Sedangkan Torque berkaitan langsung dengan akselerasi (percepatan). Semakin tinggi Torque-nya semakin tinggi pula akselerasi yang akan dimiliki mobi, dan jika Torque-nya tinggi mobil dapat keluar dari lintasan. Motor di Mini Legend 4wd terbagi menjadi 2 bagian: poros tunggal dan ganda

2.  Gear
Gear adalah angka perbandingan antara putaran motor dengan putaran ban. Gear dengan ratio gear kecil akan menghasilkan kecepatan yang tinggi. Sedangkan dengan ratio gear yang lebih besar akan lebih menghasilkan akselerasi. Berikut ini adalah gambaran perbandingan tentang gear ratio.



Gambar 1. Posisi Start



Gambar 2. Posisi jalan lurus


Gambar 3. Posisi Menanjak


Dari ketiga gambar di atas dapat kita lihat perbandingan kecepatan yang dimiliki oleh mobil dengan gear ratio berbeda. Gear ratio besar akan lebih cepat saat start awal (quick start) dan saat mendaki, hal ini dikarenakan motor bekerja lebih ringan sehingga dapat mencapai kecepatan maksimalnya dengan lebih cepat. Hal inilah yang disebut dengan akselerasi. Sedangkan pada gear ratio kecil akan sangat baik saat jalan lurus, karena mobil dengan gear ratio kecil akan punya top speed yang lebih tinggi.

3.  Chassis (Rangka)
Anti-ressistance meningkatkan kecepatan saat balapan. Brake dan roller angle mencegah mobil meninggalkan tanah di tanjakan yang bisa menyebabkannya tergelincir, Namun akan memperlambat mobil. Berat mempengaruhi downforce mobil tapi menurunkan kecepatan dan sebaliknya. Bila bumper dilengkapi, nilai Brake dan Roller Angle akan mengikuti stat bumper. Sasis belakang dan depan membutuhkan motor dan roda gigi berporos tunggal. Chassis pertengahan membutuhkan motor  dan roda gigi berporos ganda.

4.  Wheels (Velg)
Ukuran dari velg pada game ini hanya terbagi menjadi tiga, yaitu Large, Medium dan Small. Ukuran dai velg akan mempengaruhi speed dan torque. Velg berukuran Large menambahkan speed, tetapi akan mengurangi torque. Velg berukuran Small menambahkan torque, tetapi akan mengurangi speed.

5.  Tires (Ban)
Ban disini hanya terdapat dua jenis saja, yaitu ban tebal dan tipis. Resistance mempengaruhi kecepatan dari tamiya, ini berbeda dengan anti-resistance. Ban yang lebih tebal akan menambah kecepatan. Ban yang lebih tipis akan menambahkan torque.

6.  Rollers
Roller memiliki fungsi sebagai kemudi agar mobil tamiya dapat berbelok pada tikungan. Sedangkan di Mini Legend ukuran roller terdapat dua jenis, yaitu Large dan Medium, dan setiap ukuran memiliki tiga tipe roller, yaitu Tipe Speed (rendah), Tipe Stability (tengah) dan Tipe Balance (dual).
Berikut akan saya berikan sedikit tips untuk setting rollers:


  • Berdasarkan ukuran roller


Roller sama besar: Setting ini dapat membuat mobil dengan mudah melaju pada track lurus, karena roller akan sejajar saat bersentuhan dengan dinding track. Setting ini juga mengurangi tenaga.
Roller besar di depan: Cocok untuk track yang punya banyak belokan, karena mendorong mobil kebagian dalam track saat roller bersentuhan dengan dinding track.
Roller kecil di depan: Setting ini membuat mobil melaju dengan terus bersentuhan pada dinding track. Setting ini akan memberikan kestabilan saat tikungan, tetapi membuat banyak kehilangan tenaga.


  • Berdasarkan posisi roller



Roller depan dan samping: Hambatannya kecil. Lebih responsif dengan track yang berbelok tajam. Harus dilakukan pengecekan untuk memastikan ban belakang tidak menyentuh dinding track.
Roller depan dan belakang: Jarak yang panjang antara roller depan dan belakang membuat mobil stabil baik saat melaju lurus maupun berbelok dengan kecepatan tinggi.
Roller depan, samping, dan belakang: Bisa dikatakan setting terbaik dalam kestabilan dalam berbelok tajam dan berbelok saat kecepatan tinggi. Tetapi punya hambatan yang lebih besar karena punya lebih banyak contact point dan juga membuat mobil lebih berat.


  • Berdasarkan ketinggian roller


Low position: Cocok untuk track lurus. Yang harus diperhatikan adalah hindari roller bersentuhan dengan lantai track, terlebih lagi saat track tanjakan atau turunan.
Middle position: Setting terbaik untuk track lurus maupun berbelok.
High position: Sangat stabil dalam berbelok. Cocok untuk technical track dengan banyak belokan. Perlu diwaspadai, setting ini dapat membuat mobil tersangkut pada bagian atas dinding track.

7.  Stays (Akar/bemper)
Stay atau yang biasa dikenal dengan akar atau bemper atau pemberat. Fungsinya adalah mencegah tamiya agar tidak terbang keluar track ketika melewati rintangan. Sedangkan pada Mini Legend akar terdapat tiga bagian, yaitu akar depan, akar tengah dan akar belakang. Ketiganya memiliki fungsi yang berbeda.
Akar depan mempengaruhi downforce, braking, roller angle, and weight. Downforce dan roller angle yang tinggi akan membuat semakin kecilnya kemungkinan tamiya terbang keluar jalur.
Akar tengah hanya mempengaruhi downforce dan weight saja.
Akar belakang mempengaruhi downforce, weight dan braking.

8.  Body
Body tamiya yang terdapat pada Mini Legend sangatlah unik, karena body tamiya disini terbagi menjadi dua jenis, yaitu body yang apabila di upgrade akan menambahkan weight dari body tersebut dan ada juga apa bila body tersebut kita upgrade akan mengurangi dari weight body tersebut. Body tamiya sendiri akan mempengaruhi Frontal Area, Aerodynamic dan Weight.
Frontal Area akan mempengaruhi kecepatan apabila nilainya semakin kecil, Aerodynamic akan mempengaruhi waktu melayangnya tamiya di udara, weight akan mempengaruhi dari nilai downforce.

Untuk penjelasan tentang Mod List Bonus silakan baca selengkapnya disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar